Kebijakan Privasi Rupiah Cepat

Tanggal Berlaku: 25 Mei 2018

    PT. Kredit Utama Fintech Indonesia (selanjutnya disebut sebagai “KUFI”) menyediakan layanan kepada Anda (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”) sesuai ketetapan Perjanjian ini melalui platform Rupiah Cepat yang dioperasikan (URL: http:/ /www.rupiahcepat.co.id/). Perjanjian ini memiliki ketetapan hukum antara Pengguna dan KUFI.
     [Baca DENGAN SAKSAMA] Sebelum Anda mengklik untuk menyetujui Perjanjian ini dalam proses pendaftaran, Anda harus membaca Perjanjian ini dengan saksama. Pastikan Anda sudah membaca dengan saksama dan benar-benar memahami isi setiap pasal, khususnya pasal ganti rugi atau pembatasan pertanggungjawaban, pasal otorisasi, pasal permohonan hukum, dan penyelesaian sengketa. Anda harus lebih memperhatikan ketentuan ganti rugi atau pembatasan pertanggungjawaban dan pasal otorisasi, yang akan ditandai lebih tebal. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait Perjanjian ini, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan platform Rupiah Cepat.
     [Tindakan Penandatangan]Jika Anda sudah mengikuti arahan dalam halaman pendaftaran untuk mengisi informasi, membaca, dan menyetujui Perjanjian ini dan menyelesaikan proses pendaftaran, berarti Anda telah sepenuhnya membaca, memahami, dan menerima seluruh konten Perjanjian ini, dan setuju bersama KUFI untuk menjadi Pengguna terdaftar platform Rupiah Cepat. Saat membaca Perjanjian ini, jika Anda tidak menyetujui Perjanjian ini atau salah satu syarat dan ketentuannya, Anda harus segera menghentikan proses pendaftaran.
     [Perubahan Persetujuan] Selama dilaksanakannya Perjanjian ini, KUFI dapat mengubah pasal yang relevan dalam Perjanjian ini sesuai dengan situasi sebenarnya. KUFI akan menerbitkan perjanjian termutakhir melalui platform Rupiah Cepat, dan Pengguna yang sudah menandatangani tidak perlu menandatangani ulang. Jika Pengguna tidak menyetujui perubahan Perjanjian KUFI, Pengguna harus berhenti menggunakan layanan yang diberikan oleh KUFI melalui platform Rupiah Cepat. Jika Pengguna terus menggunakan layanan atau tidak mau menghentikan layanan ini secara suka rela, Pengguna dianggap setuju untuk mengikuti perubahan perjanjian, dan menjalankan kewajiban menyeluruh Pengguna sesuai dengan perubahan perjanjian itu.

Bab 1 Batasan Penggunaan Platform Rupiah Cepat

Pasal 1:
Sebelum menggunakan layanan yang disediakan oleh KUFI melalui platform Rupiah Cepat, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan pendaftaran di platform Rupiah Cepat dan menjadi pengguna terdaftar platform Rupiah Cepat.

Pasal 2:
Pengguna harus merupakan orang asli, orang berkekuatan hukum, atau organisasi lain yang memiliki hak sipil penuh dan kapasitas tindakan sipil dan dapat menanggung tanggung jawab sipil secara independen sesuai dengan hukum di Indonesia. Jika Pengguna melanggar batasan yang telah disebutkan itu dengan mendaftar untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh KUFI, wali Pengguna yang harus bertanggung jawab atas itu semua.

Pasal 3:
 Pengguna wajib memastikan keaslian, akurasi, kelengkapan, dan validitas informasi Pengguna dan berupaya memperbarui informasi yang diberikan secara tepat waktu. Jika KUFI memutuskan ada alasan wajar untuk meyakini bahwa informasi Pengguna tidak akurat, salah, atau sudah usang, KUFI berhak menutup akun Pengguna di platform Rupiah Cepat; KUFI tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi pada Pengguna.

Pasal 4:
Pengguna wajib memberikan informasi kontak yang valid, termasuk tapi tidak terbatas pada, nomor ponsel, nomor telepon, alamat pos, alamat email yang sering digunakan, informasi kontak, dsb. Jika ada perubahan informasi kontak, harus diperbarui dalam waktu 3 hari. Jika terjadi KUFI tidak mampu menyediakan layanan terkait atau menyebabkan kerugian bagi Pengguna karena Pengguna tidak memberikan informasi kontak yang efektif, Pengguna yang sepenuhnya menanggung semua kerugian dan konsekuensi hukum yang merugikan.

Bab 2 Layanan Platform Rupiah Cepat

Pasal 5:
Layanan yang disediakan oleh KUFI melalui platform Rupiah Cepat meliputi, tapi tidak terbatas pada, pengumpulan informasi, pengungkapan informasi, penyaringan, peringkat kredit, pertukaran informasi, pencocokan pinjaman, konsultasi keuangan, dan layanan terkait lainnya. Beberapa layanan mengharuskan Pengguna menyelesaikan proses autentikasi agar dapat dimanfaatkan. KUFI tidak bertanggung jawab Jika Pengguna tidak mampu memanfaatkan layanan karena autentikasi yang tidak lengkap.

Pasal 6:
    Pengguna setuju bahwa status Pengguna yang dikonfirmasi oleh proses di platform Rupiah Cepat hanya akan menjadi dasar dalam dilaksanakannya pengoperasian terkait. Pengguna bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna yang tidak dapat mengubah atau mengonfirmasi status secara tepat waktu, dan KUFI tidak bertanggung jawab sedikit pun.

Pasal 7:
    Pengguna menanggung risiko peminjaman sesuai dengan prinsip peminjaman secara suka rela, bersikap jujur dan dapat dipercaya dan menanggung sendiri tanggung jawab dan risiko. KUFI tidak menyediakan layanan peningkatan kredit atau menanggung risiko gagal bayar pinjaman.

Pasal 8:
    KUFI tidak dapat menyediakan layanan transfer uang secara "real-time," dan KUFI tidak akan dituntut bertanggung jawab atas tertundanya masuknya dana dan kerugian yang ditimbulkan pada Pengguna.

Pasal 9:
    KUFI akan menjalankan bisnisnya dengan sungguh-sungguh di kawasan hukum untuk menjamin kualitas layanan KUFI sehingga Pengguna dapat berhasil melaksanakan dan menyelesaikan transaksi melalui platform Rupiah Cepat.

Pasal 10:
    Demi menyempurnakan pengalaman Pengguna, KUFI akan menghitung penggunaan berbagai fungsi produk dan layanan platform Rupiah Cepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Statistik tersebut umumnya meliputi waktu pemakaian aplikasi, waktu bertahan di halaman, jumlah kunjungan, jalur akses, dsb., dan KUFI juga akan mengumpulkan data pelaporan kesalahan dalam aplikasi. Dengan menganalisis data statistik, kami dapat menyempurnakan kualitas produk dan kualitas layanan.

Bab 3 Pengumpulan, Penggunaan, dan Pengalokasian Informasi Pengguna

Pasal 11:
    Guna mendorong berkembangnya aktivitas peminjaman online yang sesuai hukum dan lancar dan memfasilitasi audit Pengguna dan pengalokasian layanan terkait KUFI, Pengguna harus memberikan kepada KUFI tapi tidak terbatas pada nama, nomor kartu identitas, nomor ponsel, usia, jenis kelamin, pekerjaan, tanggal lahir, nomor kartu keluarga, alamat pos, pendidikan, pendapatan, status pernikahan dan keluarga, status komunikasi, informasi pekerjaan, informasi pendapatan, informasi kredit, informasi kartu kredit, informasi perbankan, informasi e-commerce, informasi polis asuransi, dan semacamnya, dan Pengguna menyetujui KUFI akan melakukan analisis pada informasi sebelumnya itu tadi; ini termasuk informasi perangkat Pengguna (termasuk tapi tidak terbatas pada IMEI, sensor sidik jari perangkat, buku alamat, dsb.), yang digunakan untuk penilaian kredit Pengguna yang komprehensif.

Pasal 12:
    Pengguna mengesahkan dan menyetujui KUFI akan menyerahkan informasi kartu identitas, nomor ponsel Pengguna, dan semacamnya kepada badan yang patut untuk divalidasi dalam rangka verifikasi keaslian identitas dan informasi Pengguna.

Pasal 13:
    Pengguna mengesahkan dan menyetujui KUFI akan memberikan informasi Pengguna yang sesuai, hasil verifikasi dan analisis kepada mitra terkait, guna memangkas frekuensi pelanggan mengulangi pemberian informasi, serta memfasilitasi mitra itu dalam menetapkan apakah Pengguna telah memenuhi persyaratan.

Pasal 14:
    Guna memfasilitasi KUFI untuk menyediakan layanan tindak lanjut dan hadiah kepada Pengguna, maka Pengguna mengesahkan dan menyetujui KUFI memberikan informasi kontak Pengguna kepada merchant mitra terkait.

Pasal 15:
    KUFI dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanan yang sesuai kepada Pengguna, yang dalam hal ini, Jika pihak ketiga itu setuju menanggung tanggung jawab yang sama seperti platform ini untuk melindungi informasi Pengguna, maka Pengguna menyetujui KUFI akan memberikan informasi Pengguna yang terkait itu kepada pihak ketiga tersebut, dan menyetujui pihak ketiga itu dapat menghubungi Pengguna. Pengguna menyetujui KUFI dan pihak ketiga akan memperkenalkan produk dan layanan KUFI dan pihak lain kepada Pengguna.

Pasal 16:
    Pengguna memahami dan menyetujui KUFI dapat memperoleh informasi Pengguna dari perusahaan dan mitra bisnis terafiliasi untuk melengkapi pengumpulan informasi oleh KUFI sendiri untuk tujuan penyediaan layanan kepada Pengguna.

Pasal 17:
    Guna lebih baik dalam menyediakan layanan bagi Pengguna, mencegah risiko transaksi, atau menentukan pertanggungan atas pelanggaran kontrak, Pengguna mengesahkan KUFI meminta kepada biro kredit yang berdiri secara hukum perihal informasi kredit Pengguna yang relevan, termasuk tapi tidak terbatas pada skor kredit, laporan kredit, dan alamat fisik, alamat email, nomor telepon yang dapat digunakan untuk menghubungi Pengguna.

Pasal 18:
    Pengguna secara tegas memahami dan menyetujui KUFI akan menyerahkan kepada perusahaan afiliasi KUFI informasi yang terkait dengan Pengguna dengan tujuan menyediakan atau merekomendasikan produk atau layanan kepada Pengguna atau menyediakan layanan lebih baik kepada Pengguna.

Pasal 19:
    Demi melindungi hak berdasarkan hukum dan kepentingan Pengguna atau menangani sengketa transaksi antara Pengguna dan pihak lain, Pengguna menyetujui KUFI akan menyampaikan informasi yang relevan kepada institusi atau pihak rekanan.

Pasal 20:
    Sesuai dengan ketetapan hukum dan praktik bisnis yang wajar, saat KUFI berencana bergabung dengan atau diakuisisi oleh perusahaan lain atau terlibat dalam aktivitas pasar modal lainnya (termasuk tapi tidak terbatas pada IPO, penawaran obligasi), dan dalam situasi lain saat KUFI harus menerima uji tuntas dari pihak lain, Pengguna menyetujui KUFI akan menyerahkan informasi Pengguna kepada pihak yang diperlukan itu, tapi kami akan mengharuskan pihak tersebut mengambil tindakan yang wajar untuk tetap merahasiakan informasi Pengguna dengan menandatangani perjanjian kerahasiaan dengan mereka.

Pasal 21:
    Jika Pengguna mengesahkan pihak ketiga itu meminta dan mengumpulkan informasi perihal akun Pengguna di platform Rupiah Cepat, KUFI berhak menyerahkan informasi tentang akun Pengguna kepada pihak ketiga dalam lingkup hukum dan regulasi dan sesuai pengesahan Pengguna.

Pasal 22:
    KUFI berhak menganalisis seluruh database pengguna dan memanfaatkannya untuk kepentingan komersial di lokasi yang database itu tidak dapat mengidentifikasi entitas tertentu dan tidak dapat dipulihkan setelah diproses.

Bab 4 Peringatan Risiko

Pasal 23
    KUFI tidak menjamin, secara tersurat maupun tersirat, atas transaksi Pengguna yang dilakukan di platform Rupiah Cepat dan transaksi dengan mitra. Pengguna harus menyadari risiko yang menyertai transaksi dan membuat keputusan perihal transaksi itu dengan penilaian independen. Risiko yang timbul dari transaksi ditanggung oleh Pengguna.

Pasal 24
    KUFI tidak dapat menjamin keaslian, akurasi, dan kelengkapan informasi yang diserahkan Pengguna melalui platform Rupiah Cepat, dan Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas informasi yang diterbitkan Pengguna.

Bab 5 Biaya Layanan

Pasal 25:
    Saat Pengguna menggunakan layanan KUFI yang disediakan melalui platform Rupiah Cepat, KUFI berhak mengenakan biaya terkait kepada Pengguna. Untuk perincian standar dan aturan pungutan biaya, lihat perjanjian khusus antara Pengguna dan KUFI.

Pasal 26:
    Pengguna dapat diwajibkan untuk membayar biaya kepada pihak lain saat menggunakan layanan KUFI yang disediakan melalui platform Rupiah Cepat. Perincian aturan dan pungutan biaya dapat dilihat di perjanjian khusus antara Pengguna dan KUFI atau (dan) pihak lain, atau keterangan biaya terkait yang disebutkan di platform Rupiah Cepat.

Bab 6 Keamanan Akun Pengguna

Pasal 27:
    Akun Pengguna merupakan identifikasi unik Pengguna di platform Rupiah Cepat. Pengguna berupaya sungguh-sungguh menjaga akun dan kata sandi Pengguna, tidak membocorkan informasi akun pribadi kepada pihak mana pun juga, jika tidak, kerugian yang ditimbulkan ditanggung sendiri oleh Pengguna.

Pasal 28:
    Pengguna setuju untuk sepenuhnya bertanggung jawab sendiri menjamin keamanan akun. Semua pengoperasian yang dilakukan dan pernyataan yang dibuat oleh Pengguna lewat akun Pengguna di platform Rupiah Cepat dianggap perilaku Pengguna dan merupakan perwujudan keinginan tulus Pengguna, dan semua kerugian dan konsekuensi hukum ditanggung oleh Pengguna.

Pasal 29:
    Guna memverifikasi identitas Pengguna dan memastikan keamanan login Pengguna, KUFI akan merekam informasi dasar perangkat Pengguna, termasuk identitas perangkat seluler internasional, alamat fisik perangkat jaringan, nomor seri perangkat, nama perangkat, merek perangkat, model perangkat, dan sistem operasi, dsb. Informasi lokasi geografi, informasi WIFI, informasi BTS Pengguna, dsb., juga akan direkam. Informasi tersebut akan digunakan untuk mengidentifikasi keunikan Pengguna, mencegah login ilegal, dan melindungi akun Pengguna.

Pasal 30:
    Pengguna dapat masuk ke akun Pengguna di platform Rupiah Cepat kapan pun untuk meneliti dan mengelola informasi Pengguna di dalam akun ini. Jika Pengguna mengalami hambatan atau memiliki pertanyaan, Pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan Rupiah Cepat.

Bab 7 Komitmen Kepatuhan Pengguna

Pasal 31:
    Pengguna berupaya tidak menggunakan layanan yang disediakan oleh KUFI melalui platform Rupiah Cepat untuk tujuan atau sarana yang melanggar hukum, dan untuk mematuhi hukum, regulasi, kebijakan, dokumen regulasi, dan aturan dan regulasi relevan yang ditetapkan oleh KUFI. Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas kerugian dan konsekuensi yang timbul dari pelanggaran tindakan di atas.

Pasal 32:
    Pengguna berupaya melakukan kewajiban dengan ketat sesuai dengan Perjanjian ini. Jika kewajiban tersebut tidak sepenuhnya dipenuhi, KUFI berhak merekam pelanggaran Pengguna dalam catatan kredit Pengguna dan mengungkapkan pelanggaran Pengguna dengan sarana sesuai hukum.

Bab 8 Terganggunya Layanan Rupiah Cepat

Pasal 33:
     Pengguna memahami bahwa karena sifat alami Internet, ada kemungkinan layanan yang disediakan oleh KUFI melalui platform Rupiah Cepat dapat terganggu. KUFI tidak bertanggung jawab atas pemeliharaan sistem, kegagalan peralatan, serangan peretas, dan efek kekaharan lainnya yang menghalangi Pengguna sehingga tidak dapat menggunakan layanan terkait dengan tepat.

Bab 9 Pembatasan Tanggung Jawab

Pasal 34:
    KUFI merupakan perusahaan perantara informasi keuangan yang didirikan sesuai dengan hukum yang spesialisasinya adalah bisnis perantara informasi pinjaman internet; platform Rupiah Cepat merupakan platform internet yang dioperasikan oleh KUFI untuk menyediakan layanan perantara informasi pinjaman internet. KUFI menyediakan untuk Pengguna layanan informasi melalui platform Rupiah Cepat.

Pasal 35:
    Pengguna yang meminjam uang melalui platform Rupiah Cepat harus menyadari adanya risiko investasi, dapat mengidentifikasi risiko, dan memiliki pengalaman dalam investasi produk keuangan tanpa jaminan dan terbiasa dengan Internet; hilangnya uang pokok dan bunga yang ditimbulkan oleh peminjaman ditanggung sepenuhnya oleh Pengguna.

Pasal 36:
    Layanan yang disediakan oleh mitra KUFI menjadi tanggung jawab mitra tersebut dan KUFI tidak bertanggung jawab.

Pasal 37:
     Usulan dan arahan yang diperoleh Pengguna dari staf KUFI tidak mengandung komitmen dan jaminan layanan KUFI. Pengguna membuat keputusan secara independen, dan konsekuensi hukum yang timbul dari keputusan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Pengguna.

Bab 10 Perlindungan Privasi Pengguna

Pasal 38:
    Pengguna menyetujui KUFI dapat mengumpulkan informasi tambahan tentang Pengguna melalui sarana sesuai hukum guna lebih baik dalam memahami status sebenarnya Pengguna.

Pasal 39:
     Guna mencegah Pengguna agar tidak terlibat dalam aktivitas ilegal atau kriminal melalui platform Rupiah Cepat dan melindungi hak dan kepentingan yang sah milik KUFI dan pengguna lainnya, KUFI berhak meninjau dan mengevaluasi informasi Pengguna melalui prosedur manual atau otomatis.

Pasal 40:
    KUFI telah menetapkan aturan pemrosesan informasi pengguna yang ketat dan mengadopsi tindakan teknis yang diperlukan untuk melindungi keamanan informasi Pengguna, dengan maksud memastikan informasi Pengguna tidak disalahgunakan. Platform ini tidak akan memberikan atau mengungkapkan informasi Pengguna kepada pihak ketiga mana pun kecuali dengan persetujuan tegas Pengguna dan ketetapan hukum dan regulasi lainnya atau peraturan yudisial nasional, departemen administrasi, perhimpunan dagang, dan institusi regulasi terkait.

Bab 11 Perlindungan Kekayaan Intelektual

Pasal 41:
     Hak kekayaan intelektual semua konten di platform Rupiah Cepat dimiliki secara legal oleh KUFI dan pemiliknya, termasuk tapi tidak terbatas pada, teks, data, artikel, foto, informasi, arsitektur platform desain halaman web, dsb. Tak ada yang boleh menggunakan, mengubah, menyalin, atau merilis kepada publik konten terkait tanpa persetujuan tertulis KUFI atau pemiliknya; jika terjadi pelanggaran, Pengguna harus bertanggung jawab sesuai hukum atas kerusakan yang ditimbulkan bagi KUFI dan pemiliknya.

Bab 12 Permohonan Hukum

Pasal 42:
    Perjanjian ini melibatkan antara Pengguna dan KUFI dan berlaku pada semua aktivitas Pengguna di platform Rupiah Cepat. Peraturan yang diterbitkan KUFI melalui platform Rupiah Cepat atau menerbitkannya nanti di masa mendatang, dapat dianggap bagian integral Perjanjian ini dan memiliki efek hukum yang sama dengan pasal utama Perjanjian ini.

Pasal 43:
    KUFI memiliki hak pamungkas atas interpretasi Perjanjian ini.

Pasal 44:
    Perjanjian ini ditandatangani di Jakarta, Indonesia. Sengketa antara Pengguna dan KUFI yang timbul dari perjanjian ini, pihak-pihak setuju, berapa pun kadar sengketanya, akan diserahkan kepada Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk dibuat keputusan. Keputusan tersebut bersifat final dan mengikat kedua belah pihak.